Rabu, 01 Juli 2015

YKIA TAHUN KE 4


Selamat malam keluarga besar YKIA , Keluarga besat Tutuko Solo, Tetuko Institute Jogja



Alhamdulillah Blog YKIA sudah bisa dimulai yang ini menjadi rencana awal sebagi forum komunikasi antar kita. Mengingatkan dalam rangka tahun ke 4 YKIA, pertama kita Bersyukur dan Alhmamdulliah YKIA masih diberi kesempatan untuk tetap berkegiatan dan bermanfaat. Kesibukan masing masing adalah salah satu tanda bahwa selama ini kita sudah bisa menggambil manfaat dari organisasi yang pastinya bukan hanya manfaat materi, tetapi proses belajar yang berkesinambunagan, berkumpul untuk diskusi  serta berkegiatan usaha untuk mendapatkan hasil yang seterusnya diperuntukan untuk  tujuan mulia ( belajar mengajar ).


Kita mencoba mengingat kembali fungsi kita sebagai Mekanik/ Engineer pesawat adalah sangat amat memerlukan sikap Profesional, dimana arti awal profesional adalah  “Janji public.Selain kita juga harus mahir dan trampil dalam ilmu perawatan pesawat, kita juga dituntut untuk mengucap janji kepada Publik yang menjadi tanggung jawab kita.


kadang diantara kita mekanik pesawat masih belum yakin  apa saja yang mencerminkan tindakan Mekanik profesional sekaligus apa yang harus dijanjikan ke publik. Kita bisa pahami dan maklumi karena kita sebagai Mekanik kadang kurang mahir dalam  membetri kesimpulan dari apa yang selama ini kita lakukan sebagai  tanggung jawab kita.


untuk itu, sedikit sharing untuk supaya kita semua tahu bahwa selama ini kita sudah bertindak profesional sekaligus memenuhi janji apa yang harus kita penuhi sebagai profesional.

 

Key Point Untuk Seorang Seorang Mechanic Profesional mempunyai Tanggung Jawab

  1. akan melakukan pemeliharaan secara penuh sesuai dengan data yang diterbitkan petunjuk pemeliharaan Tidak ada langkah-langkah yang akan dihilangkan .
  2. akan memastikan bahwa semua tugas-tugas pemeliharaan yang  lakukan disebut dalam program pemeliharaan disetujui .
  3. akan menerima persetujuan lisan dari siapa pun untuk melanjutkan dengan pemeliharaan atau perbaikan prosedur tidak termasuk dalam data teknis disetujui .  harus mendapatkan persetujuan tertulis
  4. akan meninjau dan telah  miliki saat ini data teknis yang diperlukan untuk melakukan setiap tugas pemeliharaan yang  capai.
  5. Jika mengetahui adanya penyimpangan dari manual pemeliharaan atau program pemeliharaan yang disetujui ,  akan segera membawa ke perhatian personil pengawasan QC .  juga akan memastikan bahwa penyimpangan didokumentasikan .
  6. akan mendokumentasikan setiap bagian atau sub assembly yang  keluarkan , membongkar , memeriksa, menguji , memasang , atau intervensi sebagai bagian dari tugas pemeliharaan .
  7. akan memasukkan dalam catatan pemeliharaan, deskripsi dari pekerjaan yang dilakukan . Deskripsi akan cukup rinci untuk memungkinkan seseorang yang tidak terbiasa dengan pekerjaan memahami apa yang dilakukan , dan metode dan prosedur yang digunakan dalam melakukan hal itu .
  8. akan memastikan bahwa setiap penggantian baru atau bagian yang dimodifikasi telah diperiksa untuk bukti Otoritas Penerbangan atau persetujuan angkutan udara sebelum digunakan .
  9. Akan memastikan bahwa setiap alat khusus (special tools )  , perlengkapan tes , alat bantu toko , dan dukungan pemeliharaan peralatan lainnya yang  gunakan disebut dalam  instruksi pemeliharaan
  10. Tidak akan melakukan tugas pemeliharaan kecuali  telah dalam posisi kompeten untuk melakukan tugas-tugas sesuai dengan program pelatihan maskapai penerbangan .  tidak akan melakukan tugas pemeliharaan yang  belum terlatih .  harus memastikan bahwa pelatihan yang  terima benar didokumentasikan dan termasuk dalam file pelatihan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar