Selamat malam keluarga besar YKIA , Keluarga besat Tutuko Solo, Tetuko Institute Jogja
Alhamdulillah Blog YKIA sudah bisa dimulai
yang ini menjadi rencana awal sebagi forum komunikasi antar kita. Mengingatkan
dalam rangka tahun ke 4 YKIA, pertama kita Bersyukur dan Alhmamdulliah YKIA
masih diberi kesempatan untuk tetap berkegiatan dan bermanfaat. Kesibukan
masing masing adalah salah satu tanda bahwa selama ini kita sudah bisa
menggambil manfaat dari organisasi yang pastinya bukan hanya manfaat materi,
tetapi proses belajar yang berkesinambunagan, berkumpul untuk diskusi serta berkegiatan usaha untuk mendapatkan
hasil yang seterusnya diperuntukan untuk
tujuan mulia ( belajar mengajar ).
Kita mencoba mengingat kembali fungsi kita
sebagai Mekanik/ Engineer pesawat adalah sangat amat memerlukan sikap
Profesional, dimana arti awal profesional adalah “Janji public”.Selain kita juga harus mahir dan trampil
dalam ilmu perawatan pesawat, kita juga dituntut untuk mengucap janji kepada
Publik yang menjadi tanggung jawab kita.
kadang diantara kita mekanik pesawat masih
belum yakin apa saja yang mencerminkan
tindakan Mekanik profesional sekaligus apa yang harus dijanjikan ke publik.
Kita bisa pahami dan maklumi karena kita sebagai Mekanik kadang kurang mahir
dalam membetri kesimpulan dari apa yang
selama ini kita lakukan sebagai tanggung
jawab kita.
untuk itu, sedikit sharing untuk supaya
kita semua tahu bahwa selama ini kita sudah bertindak profesional sekaligus
memenuhi janji apa yang harus kita penuhi sebagai profesional.
- akan melakukan pemeliharaan secara penuh sesuai dengan data yang diterbitkan petunjuk pemeliharaan Tidak ada langkah-langkah yang akan dihilangkan .
- akan memastikan bahwa semua tugas-tugas pemeliharaan yang lakukan disebut dalam program pemeliharaan disetujui .
- akan menerima persetujuan lisan dari siapa pun untuk melanjutkan dengan pemeliharaan atau perbaikan prosedur tidak termasuk dalam data teknis disetujui . harus mendapatkan persetujuan tertulis
- akan meninjau dan telah miliki saat ini data teknis yang diperlukan untuk melakukan setiap tugas pemeliharaan yang capai.
- Jika mengetahui adanya penyimpangan dari manual pemeliharaan atau program pemeliharaan yang disetujui , akan segera membawa ke perhatian personil pengawasan QC . juga akan memastikan bahwa penyimpangan didokumentasikan .
- akan mendokumentasikan setiap bagian atau sub assembly yang keluarkan , membongkar , memeriksa, menguji , memasang , atau intervensi sebagai bagian dari tugas pemeliharaan .
- akan memasukkan dalam catatan pemeliharaan, deskripsi dari pekerjaan yang dilakukan . Deskripsi akan cukup rinci untuk memungkinkan seseorang yang tidak terbiasa dengan pekerjaan memahami apa yang dilakukan , dan metode dan prosedur yang digunakan dalam melakukan hal itu .
- akan memastikan bahwa setiap penggantian baru atau bagian yang dimodifikasi telah diperiksa untuk bukti Otoritas Penerbangan atau persetujuan angkutan udara sebelum digunakan .
- Akan memastikan bahwa setiap alat khusus (special tools ) , perlengkapan tes , alat bantu toko , dan dukungan pemeliharaan peralatan lainnya yang gunakan disebut dalam instruksi pemeliharaan
- Tidak akan melakukan tugas pemeliharaan kecuali telah dalam posisi kompeten untuk melakukan tugas-tugas sesuai dengan program pelatihan maskapai penerbangan . tidak akan melakukan tugas pemeliharaan yang belum terlatih . harus memastikan bahwa pelatihan yang terima benar didokumentasikan dan termasuk dalam file pelatihan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar